Powered By Blogger

Jumat, 12 Juni 2015

PENYAGUNAAN PIL KOPLO DI KALANGAN REMAJA





Pada awalnya, narkotika digunakan untuk keperluan medis, terutama sebagai bahan campuran obat-obatan dan berbagai penggunaan medis lainnya. Narkotika banyak digunakan dalam keperluan operasi medis, karena narkotika memberikan efek nyaman dan dapat menghilangkan rasa sakit sementara waktu, sehingga pasien dapat dioperasi tanpa merasa sakit. Pada pemakaiannya di bidang medis, dibutuhkan seorang dokter ahli untuk mengetahui kadar yang tepat bagi manusia, karena obat-obatan yang termasuk narkotika mempunyai efek ketergantungan bagi para pemakainya. Penyalahgunaan narkotika dilakukan secara sembarangan tanpa memerhatikan dosis penggunaannya. Pemakaiannya pun dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dihirup asapnya, dihirup serbuknya, disuntikkan, ataupun ditelan dalam bentuk pil atau kapsul. Pengguna yang kecanduan, merusak sistem saraf manusia, bahkan dapat menyebabkan kematian. Berikut adalah contoh zat-zat yang termasuk dalam kategori narkotika.
Salah satu narkotika yang di gunakan di kalangan pelayar yaitu pil koplo.  Tren mabuk koplo merambah pelajar SMP hingga SMA di Kota situbondo.  pil koplo merupakan Benzodiasepine atau obat daftar G. Pil ini masuk dalah jenis psikotropika. "Pil koplo termasuk golongan obat-obat anti cemas, dan golongan antiinsomnia, yang disalahgunakan,". enggunaan dalam jumlah kecil, lanjutnya, dapat menghilangkan ketegangan dan kecemasan. Jika dosis ditambah lagi dapat mengakibatkan si pemakai tertidur nyenyak. Kalau dosisnya dinaikkan lagi, si pemakai bisa saja hilang ingatan alias gila, jika dosis dinaikkan lagi si pemakai bisa koma, bahkan mati.
"Pil ini mampu membuat seseorang menjadi labil, mudah marah, daya ingat menurun, bicara kaku, dan jalan sempoyongan, bahkan sampai merusak saraf, lupa ingatan alias gila," jelasnya. Menurut Aisyah, ada beberapa jenis pil koplo diantaranya BK, Lezotan (Double L), Magadon, Nipam, 
Dextrometrophan, dan masih banyak lagi lainnya. 
Dari data yang ada di lapangan, kebanyakan remaja atau pelajar menyalahgunakan pil ini, karena pencarian jati diri, karakter remaja yang cendenrung egois, serta rasa ingin tau yang begitu besar yg tidak dibarengi dengan pengetahuan mengenai dampak buruk dari perilakunya. 
Ditambah lagi, pil koplo harganya relatif ekonomis dan bisa dijangkau kalangan bawah, selain itu telernya pil koplo itu tanpa efek bau. 
"Alasan lain, cara mendapatkannya juga relative lebih mudah, jika dibanding dengan sabu-sabu, ganja atau narkotika lainnya. Yang lebih memprihatinkan, karena segmen pasar yang dibidik pengedar adalah remaja usia sekolah menengah, yakni SMP maupun SMA,"
Macam-macam pil koplo :
Macam2 pil Koplo : B.K, Lezotan, Magadon, Nipam,dll, pil2 ini sudah beredar sampai desa2 terpencil diseluruh Indonesia. Paling banyak dikonsumsi baik anak2 usia SD, SMP, SMU, Mahasiswa dan juga rakyat golongan menengah kebawah.

Ø  Akibat menggunakan pil koplo
·         Sakauw Pil2 Koplo :Gelisah, Emosional, Mata Merah, Uring2an, Keringat Dingin, badan sakit semua
·         Kelumpuhan dan Hilang Ingatan.

Ø  Alasan lain, cara mendapatkannya juga relative lebih mudah. Muski, di balik tangan alias sembunyi-sembunyi. Tapi dampak yang ditimbulkan bisa ketagihan, mengakibatkan kelumpuhan. Lebih sahsyat lagi bisa berdampak hilang ingatan alias gila.”Pada kadar lebih ringan, telernya pil koplo itu tanpa efek bau. Jadi kalau ABG itu teler minum pil koplo, tidak begitu kentara karena tidak berbau. Berbeda dengan arak atau miras
Ø  Awalnya pasien mengkomsumsi pil koplo sepuluh butir per hari. Lama kelamaan, ketagihan sampai 50 butir perhari. Efeknya, sebelum lumpuh dan hilang ingatan, karakter ABG itu emosial dan cenderung egois.



1 komentar:

  1. kartu memiliki nilai yang di tandai dengan bulatan warna merah. Pengertian Dari Judi Online Domino QQ sendiri saat ini telah dijadikan sebagai permainan yang dapat mengumpulkan
    asikqq
    dewaqq
    sumoqq
    interqq
    pionpoker
    bandar ceme
    hobiqq
    paito warna
    http://199.30.55.59/asikqq78/
    data hk 2019

    BalasHapus