Powered By Blogger

Jumat, 12 Juni 2015

TAWURAN ANTAR PELAJAR






Tawuran antar pelajar yang sering dilakukan oleh sekelompok remaja terutama oleh para pelajar memang sudah tidak asing lagi di telinga kita dan ini menjadi hal yang sudah tidak jarang terjadi di kota-kota besar di indonesia,terutama di Jakarta. Tawuran antar pelajar selalu menjadi agenda pembicaraan setiap tahunnya, masalah ini bukan perkara baru dan bukan perkara yang remeh. Tawuran biasa terjadi karena banyak hal,dimulai dari hal yang sepele hingga hal yang paling besar. Tawuran antar pelajar saat ini sudah menjadi masalah yang sangat menggangu ketertiban dan keamanan lingkungan di sekitarnya. Saat ini, tawuran antar pelajar sekolah tidak hanya terjadi di lingkungan atau sekitar sekolah saja, namun terjadi di jalan-jalan umum, sehingga tak jarang pula mengakibatkan pengrusakan fasilitas publik. Perilaku tawuran antar pelajar bukan hanya mengakibatkan kerugian harta benda atau korban cedera tapi sudah merenggut nyawa banyak orang.

Pengertian Tawuran antar Pelajar

Dalam kamus bahasa Indonesia "tawuran" dapat diartikan sebagai perkelahian yang meliputi banyak orang. Sedangkan "pelajar" adalah seorang manusia yang belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian tawuran antar pelajar adalah perkelahian yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mana perkelahian tersebut dilakukan oleh seorang yang sedang belajar.

Secara psikologis, perkelahian yang melibatkan pelajar usia remaja digolongkan sebagai salah satu bentuk kenakalan remaja (juvenile deliquency). Kenakalan remaja, dalam hal perkelahian, dapat digolongkan ke dalam 2 jenis delikuensi yaitu situasional dan sistematik.

1.       Delikuensi situasional, perkelahian terjadi karena adanya situasi yang "mengharuskan" mereka untuk berkelahi. Keharusan itu biasanya muncul akibat adanya kebutuhan untuk memecahkan masalah secara cepat.

2.       Delikuensi sistematik, para remaja yang terlibat perkelahian itu berada di dalam suatu organisasi tertentu atau geng. Di sini ada aturan, norma dan kebiasaan tertentu yang harus diikuti angotanya, termasuk berkelahi. Sebagai anggota, tumbuh kebanggaan apabila dapat melakukan apa yang diharapkan oleh kelompoknya. Seperti yang kita ketahui bahwa pada masa remaja seorang remaja akan cenderung membuat sebuah genk yang mana dari pembentukan genk inilah para  remaja bebas melakukan apa saja tanpa adanya peraturan-peraturan yang harus dipatuhi karena ia berada dilingkup kelompok teman sebayanya.

Dampak akibat tawuran

*      Kerugian Fisik , seperti cidera ataupun kehilangan nyawa
*      Kerugian Non Fisik, seperti rusaknya sarana-sarana ditempat kejadian tawuran
*      Rasa malu orang tua dan pihak sekolah atas ketidakberhasilan mendidik anak didiknya
*      Tidak respeknya orang-orang disekitar
*      Proses pembelajaran yang tertunda, dikarenakan skorsing ataupun di keluarkan dari sekolah
*      Dipenjarakan
*      Menurunnya moralitas para pelajar

 Cara-cara untuk menghindari tawuran

§  Memberikan pendidikan moral yang baik
§  Adanya Figur yang menjadi teladan, yang bisa memberikan contoh yang baik, seperti orang tua, guru ataupun teman)
§  Orang tua memberikan perhatian lebih dengan mengakui keberadaannya
§  Menggunakan waktu luang dengan mengikuti kegiatan-kegiatan positif yang diselenggarakan oleh sekolah ataupun kegiatan diluar sekolah, seperti olahraga, kegiatan musik, les, atau mengikuti suatu organisasi yang bermanfaat.
§  Lebih dekat dengan keluarga, karena banyak hal yang bisa didiskusikan dan bisa dipecahkan bersama-sama.

MACAM-MACAM TAWURAN
a)      Tawuran tingkat sekolah
Tauran paling banyak di artikan sebagai perkelahian masal antar dua kubuh siswa antar suatu sekolah. Misalnya tawuran antara SMA A melawan sma B yang sering di akibatkan oleh hal-hal sepele, mulai dari saling mengejek sampai tawuran karena salah satu sekolah memang ingin mengajak tawuran sekolah lain mungkin untuk betrsenang- senang

b)      Tawuran tingkat fakultas
Tauran tingkat fakultas (kampus) biasanya di lakukan antar mahasiswa kamus itu sendiri, namun berbeda fakultas misalnya mahasiwa fakultas X mempunyai masalah dengan fakultas lain maka tauran akan terjadi di dalam area universitas\kampus . sebab tauran tingkat fakultas biasanya hamper sama dengan tawuran tingkat sekolah.




1 komentar:

  1. Domino ialah sebuah kartu yang dimana dalam 1 buah kartu domino memiliki batas tanda tengah untuk memisahkan nilaik sisi kanan dan sisi kiri dan masing-masing kartu memiliki
    asikqq
    dewaqq
    sumoqq
    interqq
    pionpoker
    bandar ceme
    hobiqq
    paito warna
    http://199.30.55.59/asikqq78/
    data hk 2019

    BalasHapus